Berapa Biaya Konstruksi Baja

Berapa Biaya Konstruksi Baja Per m2

Berapa Biaya Konstruksi Baja – Berapakah biaya konstruksi baja per m2 yang biasanya diberikan oleh kontraktor baja? Perlu diketahui penghitungan harga tersebut hanyalah harga secara garis besarnya saja, dan harga yang pasti tentunya akan dibuat berdasarkan design bangunan dan beberapa faktor lainnya.

Selain penghitungan biaya konstruksi baja dalam m2, pada umumnya penghitungan biaya konstruksi baja ditentukan dalam satuan berat yaitu per Kg. Karena lebih banyak kontraktor baja yang menggunakan harga satuan biaya ini dalam memberikan anggaran biaya kepada konsumennya.

Berikut ini pembahasan terkait biaya konstruksi baja per m2 yang bisa anda ketahui. tapi sebelumnya kita akan membahas terlebih dahulu mengenai kelebihan konstruksi baja dan apa saja yang mempengaruhi besarnya biaya konstruksi baja.

Berapa Biaya Konstruksi Baja Per m2

Kelebihan Bangunan Konstruksi Baja

Setiap perusahaan mungkin memiliki gudang sebagai tempat menyimpan persediaan barang. Gudang yang digunakan juga umumnya memiliki ukuran yang besar, sehingga nantinya dapat menyimpan persediaan dalam jumlah yang banyak.

Dengan demikian perusahaan harus dapat menghitung berapa banyak gudang yang dibutuhkan untuk menyimpan berbagai macam persediaan yang berbeda-beda.

Konstruksi baja tidak hanya untuk bangunan gudang, tetapi juga untuk rumah atau garasi, gedung pencakar langit, dan juga bangunan industri lainnya. Berikut ini kelebihannya:

Lebih Ringan dari Kayu

Sebagai bahan baku, baja lebih berat dari kayu. Namun setelah digunakan sebagai konstruksi, konstruksi bangunan yang terbuat dari baja ternyata jauh lebih ringan dibandingkan kayu atau beton.

Hal ini dikarenakan beban mati pada material baja sangat kecil. Sehingga baja memiliki sifat kompak bila disusun menjadi suatu kerangka konstruksi dan mampu menopang setiap beban.

Berapa Biaya Konstruksi Baja

Perawatan Mudah

Kemampuan baja dapat menambah panjangnya sendiri dalam kondisi tertentu sampai putus. Hal inilah yang membuat konstruksi baja lebih elastis, sehingga tentunya mampu menopang beban yang lebih berat jika dibandingkan dengan konstruksi kayu atau beton.

Selain itu, konstruksi baja juga tidak memerlukan banyak perawatan untuk penggunaan jangka panjang. Jika sejak awal pemasangan dilakukan dengan benar, konstruksi baja akan awet dan dapat digunakan dalam waktu yang lama. Bahkan tidak memerlukan banyak penggantian atau perawatan.

Proses Pembangunan Cepat dan Murah

Meskipun sifatnya kaku, baja sangat mudah dibuat. Hal ini tentunya jauh berbeda dengan beton yang membutuhkan proses dan tenaga yang lebih banyak, konstruksi baja bisa dibilang lebih sederhana.

Biaya membangun gedung dengan konstruksi baja oleh kontraktor yang telah berpengalaman, juga akan jauh lebih hemat. Hal ini dikarenakan proses konstruksinya yang relatif cepat, tidak memerlukan bahan tambahan yang beragam, dan prosesnya yang sederhana sehingga lebih ekonomis.

Dapat Didaur Ulang

Sisa konstruksi baja yang sudah tidak terpakai juga bisa didaur ulang. Sehingga limbah baja tentunya tidak menumpuk karena bisa dijadikan produk sejenis atau bisa juga produk lain dari bahan dasar baja.

Jika anda lebih suka menggunakan konstruksi baja, maka anda secara tidak langsung telah berkontribusi dalam pengurangan karbon dalam jangka panjang.

Karena baja memang dapat didaur ulang, dan sebagian besar produk baja konstruksi bangunan yang beredar merupakan hasil daur ulang dari konstruksi sebelumnya.

Hal-Hal yang Mempengaruhi Biaya Membangun Gudang Baja Per M2

Jenis Bahan dan kualitas baja

Semakin tinggi kualitas dan daya tahan material baja yang digunakan, maka semakin mahal pula biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun gudang.

Biaya yang perlu dikeluarkan akan sebanding dengan daya tahan bangunan gudang tersebut. Bahan berkualitas tinggi akan memberikan hasil yang maksimal dan bangunan dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Desain Gudang atau Bangunan

Semakin sulit desain bangunan yang digunakan, maka akan semakin mahal harganya. Khususnya untuk gaji tukang, kontraktor bangunan, dan juga material baja.

Bahkan design sangat mempengaruhi biaya konstruksi baja apabila dari design tersebut menyebabkan banyaknya waste atau sisa dari material baja yang digunakan.

Tentunya hal ini akan menjadi perhitungan biaya yang sangat diperhatikan oleh kontraktor baja dalam membuat anggaran biaya konstruksi baja.

Dataran Tanah

Tingkat kerataan tanah atau tanah juga dapat mempengaruhi harga bangunan gudang per meter. Bangunan gudang normal akan selalu dibangun di atas tanah datar atau tanah.

Mengingat ketinggian tanah sudah menjadi kebutuhan, maka biaya pembangunan gudang per meter juga akan dipengaruhi oleh ketinggian tanah.

Dari segi biaya, biaya yang dibutuhkan untuk membangun gudang rangka baja memang jauh lebih murah.

Jika perusahaan anda memiliki barang inventaris yang berbeda dan harus disimpan di tempat yang berbeda, maka membangun gudang menggunakan rangka baja adalah pilihan yang paling tepat.

Sementara itu, rangka baja juga banyak digunakan sebagai atap. Bahkan perumahan indah saat ini sebagian besar menggunakan rangka baja sebagai atap.

Dengan menggunakan atap dari rangka baja, dipastikan bangunan akan lebih berkualitas dan tahan terhadap segala cuaca ekstrim. Tidak hanya itu, rangka baja juga telah banyak digunakan di berbagai sekolah dan universitas.

Kenaikan Harga Baja WF dan H-beam

Kenaikan dan perubahan harga baja yang kadang tidak menentu juga sangat mempengaruhi dari biaya dalam konstruksi baja.

Harga baja yang cenderung naik dapat membuat semakin tingginya jasa konstruksi baja tiap tahunnya. Sedangkan dari segi tenaga pemborong baja, harga satuan pekerjaannya cenderung tidak memiliki kenaikan harga jasa yang cukup berarti.

Leave a Reply