Jenis Kaca Unik untuk Rumah Anda

Jenis Kaca Unik  – Desain rumah dengan menggunakan kaca sebagai pengganti dinding maupun pintu telah menjadi sebuah tren dalam beberapa tahun terakhir.

Pengaplikasian kaca tak cuma memberi kesan modern pada hunian, tetapi juga dapat memberi akses cahaya matahari lebih banyak ke dalam rumah, memberi kesan lebih luas, hingga memaksimalkan pemandangan.

Jenis kaca untuk dekorasi rumah pun beragam sesuai fungsinya masing-masing. Selengkapnya, berikut adalah jenis-jenis kaca unik untuk dekorasi rumah idaman.

Jenis Kaca Unik untuk Rumah Anda

Float Glass

Float glass alias kaca bening adalah jenis kaca yang paling banyak digunakan baik untuk keperluan interior maupun eksterior. Kaca bening ini mempunyai permukaan sangat bersih dan rata.

Namun mengingat kemampuannya untuk memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan, ada baiknya penggunaan kaca ini dilengkapi penggunaan tirai. Kalau tidak ruangan akan terasa sangat panas. Selain itu, tirau juga dapat memberikan sedikit privasi untuk para penghuni rumah.

 

Laminated Glass

Kini semakin banyak rumah modern yang menghadirkan skylight sebagai sumber pencahayaan alami. Untuk menghadirkan fitur tersebut, laminated glass alias kaca laminasi jadi pilihan material yang tepat.

Kaca ini juga cocok digunakan untuk area balkon, anak tangga, maupun beberapa bagian rumah lainnya yang membutuhkan ketahanan tingkat tinggi.

Alasan dibalik durabilitas kaca ini adalah lembaran pelapis polivinil transparan yang membuatnya sulit retak dan pecah. Bahkan sekalipun ada bagiannya yang pecah, kaca laminasi tetap akan menempel kuat pada rangka.

 

Stained Glass

Stained glass alias kaca patri banyak ditemui pada bangunan kuno nan antik—terutama seperti gereja atau katedral. Namun, tak ada salahnya jika kaca patri juga digunakan untuk mempercantik rumah dengan menempatkannya di jendela, railing tangga, maupun partisi ruangan. Dijamin, rumah pun akan terkesan artistik dengan kehadiran material ini.

Kaca patri sendiri merupakan bongkahan kaca warna-warni yang dirakit menjadi satu menggunakan sistem patrian membentuk karya mozaik.

Kehadiran warna-warni tersebut membantu mengurangi intensitas cahaya matahari yang masuk ke rumah. Selain itu, kaca patri juga dapat menghasilkan bayangan warna-warni yang cantik di dalam rumah ketika terkena cahaya dari luar.

 

Frosted Glass

Frosted glass alias kaca es banyak dipakai untuk kamar mandi, karena kaca ini dapat menghalangi pandangan orang dari luar ke dalam ruangan. Selain itu, intensitas sinar matahari juga dapat dikurangi sehingga meminimalkan risiko panas yang dihasilkan.

Kaca es mempunyai tekstur pada salah satu sisinya. Keberadaan tekstur tersebut juga dimanfaatkan sebagai elemen dekoratif. Oleh karena itu, tak heran jika beberapa orang memanfaatkan pula material ini sebagai pembatas minimalis pada ruangan lainnya sehingga menciptakan privasi.

 

Double Glassing

Banyak kontraktor rumah di kawasan urban yang menggunakan teknik double glassing. Teknik ini dapat menciptakan efek ruangan kedap suara tanpa harus memblokir cahaya matahari masuk ke dalam rumah atau ruangan.

Struktur double glassing sendiri terdiri atas dua atau lebih lapisan kaca yang dipisahkan menggunakan aluminium atau spacer pada area tepi. Ruang yang terbentuk di antara kedua (atau lebih) panel tersebut pun memiliki tingkat kelembapan rendah serta bersifat kedap suara sehingga cocok untuk mengurangi kebisingan.

 

Selain 5 pilihan di atas, beberapa jenis kaca unik untuk rumah lainnya yang dapat digunakan untuk dekorasi rumah adalah tempered glass (kaca tempered), reflective glass (kaca cermin), dan tinted glass (kaca berwarna). Agar tak salah pilih dan menyesal, jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan pihak profesional.

Leave a Reply